Advertisements

10 Kota Terkecil di Dunia yang Mengagumkan 

Jika kamu seorang traveler, mengunjungi tempat – tempat unik tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Contohnya, mendatangi berbagai kota terkecil di dunia. Selain memiliki predikat tersebut, kawasan – kawasan ini juga memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Bahkan salah satunya sampai diberi julukan sebagai surga Eropa kecil. 

Mengutip dari laman The Teal Mango, berikut ini akan diperkenalkan 10 kota terkecil di dunia yang harus kamu masukkan dalam list perjalananmu :

1. Dubrovnik – Krosia

11 Best Things to do in Dubrovnik, Croatia – Earth Trekkers
Sumber: Earth Trekkers

Kota Dubrovnik terletak di Krosia Selatan dan menjadi salah satu kota terkecil di dunia dengan jumlah populasi penduduk 40.000 jiwa. Selain itu, Dubrovnik juga menjadi salah satu destinasi wisata terkenal di Laut Mediterania. 

2. St Asaph – Inggris

Wisata dan Liburan 2023 di St. Asaph, Inggris Raya - Tripadvisor
Sumber: Tripadvisor

Kota St Asaph terletak di Wales, Inggris. Selain memiliki wilayah geografis yang kecil, jumlah populasi penduduk di kota ini hanya sebanyak 3.355 jiwa saja. 

3. Adamstown – Pasifik Selatan

Kunjungi Adamstown: Terbaik di Adamstown, Travel Kepulauan Pitcairn 2023 |  Expedia Tourism
Sumber: Expedia.co.id

Adamstown adalah kota yang terletak di Pulau Pitcairn, Pasifik Selatan. Kota terkecil ini memiliki keunikan, dimana jumlah populasi penduduknya hanya 40 orang saja. 

Saking kecil wilayah geografisnya, kota ini hanya memiliki satu toserba saja. Bahkan Adamstoqn juga menjadi salah satu kota yang nihil kasus Covid-19. 

4. St David’s

10 Great Reasons to Visit St Davids: The Smallest City in the UK
Sumber: Where Angie Wanders

Berikutnya, ada St David’s yang terletak di wilayah Wales, Inggris. Kota St David’s hanya dihuni oleh 1800 orang penduduk saja. Mengingat kota ini sudah berdiri sejak 500 tahun lalu, sehingga kamu akan menemukan dengan mudah banyak bangunan kuno dan galeri seni yang sangat indah. 

5. Hum – Kota Terkecil di Guinness World Record

Eloknya Hum, Kota Terkecil di Dunia - Citizen6 Liputan6.com
Sumber: Liputan6.com

Sebelumnya ada Adamstown yang hanya hanya diisi oleh 40 penduduk saja. Nah, kota Hum yang terletak di kawasan Krosia ini pasti akan membuat kamu semakin terkejut saat mengetahui jumlah penduduknya. 

Bagaimana tidak, hanya ada 30 orang saja yang tinggal di kota ini. 

Advertisements

Baca juga: 7 Destinasi Liburan di Negara Asia Bersalju

6. Ngerulmud

Ngerulmud - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sumber: Wikipedia

Selanjutnya adalah Ngerulmud yang merupakan pusat kota pemerintahan Republik Palau, sebuah negara kepulauan yang terletak di Samudra Pasifik. Hanya ada 400 penduduk saja yang menghuni kota ini. 

7. Jericho

Jericho | Facts & History | Britannica
Sumber: Encyclopedia Britannica

Jericho juga termasuk salah satu kota terkecil di dunia yang terletak di Palestina. Pada tahun 2007 lalu, sensus penduduk setempat mencatat jumlah populasi di kota Jericho hanya sebanyak 18.346 jiwa saja. 

8. Greenwood

Historic Greenwood - All You Need to Know BEFORE You Go
Sumber: TripAdvisor

Greenwood adalah kota yang terletak di selatan-tengah British, Columbia. Greenwood pada masa perang dunia memiliki banyak sejarah, seperti salah satunya yaitu menjadi tempat pengasingan Jepang. 

9. Vaduz

Vaduz - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sumber: Wikipedia

Vaduz adalah kota kuno yang terletak di Liechtenstein. Pada tahun 2017 lalu, tercatat kota terkecil di dunia ini hanya dihuni oleh 5.450 jiwa penduduk. Mengingat Vaduz merupakan kota kuno sehingga disana akan ditemukan dengan mudah kawasan museum dan bangunan masa lampau yang artistik. Selain itu, terdapat juga perkebunan anggur yang luas yang menjadi salah satu destinasi favorit di kota Vaduz. 

10. Kota Terkecil, San Marino

Hari Ini dalam Sejarah: Berdirinya San Marino, Republik Tertua di Dunia  Halaman all - Kompas.com
Sumber: Kompas.com

San Marino selain termasuk salah satu kota terkecil di dunia, namun juga dikenal sebagai surga Eropa kecil. Kota ini terletak di Italia dengan jumlah populasi 4.100 jiwa. San Marino memiliki pilihan destinasi wisata yang melimpah mulai dari keindahan alam, keagungan budaya, hingga kuliner yang tentunya akan memberikan pengalaman menyenangkan. 

Apakah kamu tertarik mengunjungi salah satu kota terkecil di dunia diatas? 

Baca juga: 7 Destinasi Liburan di Negara Asia Bersalju

Advertisements