makanan-khas-makassar

MAKANAN KHAS MAKASSAR YANG COCOK UNTUK DIJADIKAN CAMILAN

Jika membahas soal kuliner khas Makassar tidak kalah dengan kota-kota lainnya yang memiliki makanan khas yang banyak. Banyak sekali para wisatawan yang berkunjung ke kota Makassar bukan hanya bersenang-senang untuk menikmati tempat wisatanya saja namun juga untuk menikmati makanan khas Makassar. Makanan khas Makassar sangat memiliki rasa yang begitu enak dan sangat cocok untuk lidah orang Indonesia. Namun sayangnya banyak orang yang hanya sekedar menikmati makanannya saja namun tidak melakukan riset terlebih dahulu alhasil mereka kebingungan untuk memesan makanan apa. Nah berikut ini rekomendasi makanan khas Makassar yang sangat nikmat, berikut simak ulasannya.

1.Barongko

camilan-barongko-makassar

Makanan khas Makassar yang pertama yaitu barongko yang merupakan makanan kategori kue ini memiliki rasa yang sangat enak. Kue ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut di mulut, tentu saja karena bahan utama makanan ini adalah pisang matang yang diolah menjadi kue. Makanan ini memiliki ciri khas unik bukan hanya soal rasa namun n juga dengan aromanya, wajar saja karena makanan ini dimasak dan dibungkus dengan daun pisang sehingga menimbulkan aroma yang menggoda. Nah jika kaku ingin mencicipi kue barongko kaku tidak perlu takut kesulitan untuk mencarinya karena makanan ini sangat banyak dijual di pasar-pasar yang ada di kota Makassar.

2.Pisang Epe

pisang-epe-dari-makassar

Masih seputar makanan manis, ya makanan khas Makassar yang satu ini juga terbuat dari bahan dasar pisang. Namun makanan yang satu ini memiliki syarat yaitu menggunakan pisang kepo yang masih setengah matang. Dan yang lebih uniknya makanan ini dimasak dengan cara di bakar di atas bara api lalu akan mengeluarkan bau yang harum ketika sudah matang. Bwu yang harum ini disebabkan karena pisang kepo yang terbakar dan perlu dua kaki proses pembakaran hingga benar-benar matang. Makanan yang satu ini adalah camilan favorit khas kota Makassar yabg harus kalian cicipi jika berkunjung ke kota Makassar.

3.Es Palu Butung

es-palu-butung-camilan-makassar

Jika kita membahas soal camilan yang berat tidak etis rasanya jika tidak membahas camilan yang menyegarkan. Ya es palu butung merupakan es campur ala Makassar yang memiliki rasa unik dan daya tarik tersendiri bagi yang mencobanya. Makanan ini memiliki rasa yang enak dan menyegarkan sangat cocok untuk dinikmati pada saat cuaca sedang panas. Tidak hanya soal rasa makanan ini juga memiliki warna yang menarik dan bervariasi sehingga dengan melihatnya saja orang akan tertarik untuk mencobanya. Es ini tidak sukit untuk di temukan di tempat makan karena banyak sekali yang menjual es palu butung di Makassar.

4.Gogoso

gogoso-makassar-camilan

Jika kalian ingin mencicipi makanan ini sangat sulit sebenarnya karena makanan ini hanya dijual pada saat hari-hari besar saja seperti lebaran misalnya. Makanan ini merupakan makanan yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Makassar, selain rasanya yang enak makanan ini juga tidak setiap hari dapat dinikmati. Gogoso merupakan makanan yang disajikan bersama telur asin dan memiliki bahan utama beras ketan. Makanan ini dimasak dengan cara di bakar dan dibungkus daun pisang sehingga memiliki aroma yang sangat menggoda. Nah jika kalian ingin mencicipi makanan ini kalian harus datang pada saat hari-hari penting ya.

Nah itukah beberapa informasi seputar makanan khas Makassar yang sangat enak untuk dijadikan camilan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat terimakasih.

Baca juga : Berikut Ini Beberapa Makanan Khas Malang Yang Enak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *