rekomendasi-tempat-wisata-menarik-di-purwakarta

Rekomendasi Tempat Wisata di Purwakarta yang Wajib Dikunjungi

BeritaPolitikNi.com – Salah satu provinsi dengan daerah daerah yang memiliki banyak tempat wisata adalah Jawa Barat. Beberapa daerahnya yang paling terkenal seperti Kota Bandung, Bogor, dan Garut. Tetapi tahukah kamu bahwa masih ada daerah lainnya yang juga memiliki tempat wisata yang beragam dan menarik seperti tempat wisata di Purwakarta?

Purwakarta yang merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang berada sekitar 80 Km sebelah tenggara Jakarta, terbilang mudah ditempuh oleh mereka yang berdomisili di Jabodetabek. Saat berkunjung ke Purwakarta, kamu akan menemukan berbagai tempat wisata mulai dari waduk, pantai, hingga pegunungan. 

Untuk mendapatkan pengalaman berlibur yang menyenangkan di Kota Purwakarta, berikut di bawah ini rekomendasi tempat wisata di Purwakarta yang menarik dan bisa kamu kunjungi ketika berkunjung:

1. Waduk Jatiluhur

Tempat wisata di Purwakarta yang pertama adalah Waduk Jatiluhur. Waduk yang dibangun pada tahun 1957 ini merupakan danau buatan pertama di Indonesia. Waduk ini awalnya dibangun untuk area irigasi, pembangkit listrik, budidaya ikan, serta bahan baku air minum. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, pihak pengelola menyadari bahwa adanya potensi wisata yang dimiliki waduk Jatiluhur. Sehingga kemudian waduk ini dirubah menjadi sebuah destinasi wisata di Purwakarta.

Adanya beberapa spot unik untuk berfoto seperti tangga berputar yang menuju ke rumah pohon dan balkon dengan bentuk seperti ujung kapal menjadikan tempat ini terlihat menarik. Tempat wisata di Purwakarta yang dikelilingi perbukitan hijau ini memiliki pemandangan yang sangat indah, sehingga sangat sayang jika dilewatkan. 

2. Waduk Cirata

Wisata waduk lainnya yang bisa kamu temukan di Kota Purwakarta adalah Waduk Cirata yang berada di Desa Margalaksana, Cipeundeuy. Sebenarnya fungsi utama dari waduk Cirata ini adalah sebagai pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Tetapi karena alam sekitarnya sangat indah sehingga menyebabkan banyak warga setempat yang datang untuk berfoto serta menikmati pemandangan.

Tak hanya itu saja, di sepanjang jalan Waduk Cirata juga terdapat warung ikan bakar dan nasi liwet untuk wisata kuliner yang wajib dicoba untuk melengkapi momen rekreasi kamu.

3. Taman Air Mancur Sri Baduga

Untuk bisa menikmati atraksi air mancur yang megah, kamu tidak perlu pergi jauh jauh ke Singapura. Karena di Purwakarta juga kamu bisa menemukan atraksi yang sama. Kawasan Taman Sribaduga setiap Sabtu pukul 19.30 hingga 21.00 WIB terlihat sangat megah berkat adanya atraksi air mancur yang dilengkapi dengan efek sinar berwarna warni. Untuk bisa menikmati keindahan atraksi air mancur di Taman Sri Baduga yang berada di Situ Buleud, Negeri Kidul ini kamu tidak perlu membayar tiket. Tetapi tidak hanya ada air mancur saja, karena dapat dinikamti juga wahana mobil mobilan 

4. The Colorville 

The Colorville merupakan destinasi paling tepat saat kamu sedang mencari destinasi yang paling tepat saat sedang mencari tempat wisata keluarga yang menarik. Adanya fasilitas outbond di dalamnya seperti wahana menyebrang diatas seutas tali dan ATV. Tidak ketinggalan juga, adanya Upside Down Room dengan perabotan unik seperti saat kamu sedang berada dalam posisi terbalik atau melawan gravitasi.

Di The Colorville juga disediakannya beragam spot foto yang menarik untuk mempercantik feed Instagram kamu. Selain itu juga adanya rumah pohon, spot foto berbentuk tulisan “I Love You”, hingga adanya ayunan diatas ketinggian. Saat ingin berkunjung ke tempat wisata yang berada di Jalan Raya Darangdan KM 21 ini, kamu harus menyiapkan uang sebesar Rp. 80.000 untuk membayar dua tiket terusan.

Bagaimana? Menarik sekali bukan rekomendasi tempat wisata di Purwakarta ini? Tempat-tempat wisata di Purwakarta ini bisa kamu simpan terlebih dahulu untuk kemudian kamu kunjungi ketika berkunjung ke Kota Purwakarta. Semoga membantu!

Baca juga: Tempat Wisata di Kota Medan yang Wajib Kamu Ketahui!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *