Advertisements

Hadist Tentang Sholat

Inilah Hadist Tentang Sholat yang Menunjukkan Keutamaannya di Agama Islam

Hadist tentang sholat dalam pembahasan ini akan menjelaskan sholat sebagai ibadah yang penting bagi orang Muslim. Sebagai umat beragama Islam, menjalankan ibadah merupakan tiang agama. Sehingga hadist tentang sholat menjadi diperlukan untuk mengingatkan mereka yang lalai dalam kewajiban sholatnya.

Sholat merupakan ibadah yang dilakukan 5 kali dalam sehari dengan jadwal pastinya. Ibadah sholat wajib lima kali itu yakni Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Berikut inilah hadist mengenai sholat yang bisa dijadikan sebagai dasar dalam menjalankan ibadah:

1. Sholat Sebagai Tiang Agama

Rasulullah SAW bersabda: “Sholat adalah tiang agama, barang siapa mendirikannya, maka sungguh ia telah menegakkan agama (Islam) itu dan barang siapa meninggalkannya, maka sungguh ia telah merobohkan agama (Islam) itu.” (Baihaqi)

2. Sholat Sebagai Penghibur Jiwa

Sholat bisa menjadi penyejuk hati serta penghibur jiwa. Sehingga jika mendirikan sholat maka bisa memberikan kenyamanan terhadap diri kita.

Seperti yang telah dijelaskan pada hadist riwayat An-Nasa’i dan Ahmad Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

Dijadikan kesenanganku dari dunia berupa wanita dan minyak wangi. Dan jadikanlah penyejuk hatiku dalam ibadah shalat.”

Selain itu, Rasulullah SAW juga meminta para sahabat Bilal agar mendirikan sholat. Sehingga dengan ibadah bisa menyamakan diri seseorang.

3. Mencegah Dalam Berbuat Keji dan Mungkar

Sholat mempunyai keutamaan dalam melakukan pencegahan untuk berbuat keji ataupun mungkar. Perbuatan buruk tersebut haruslah dihindari karena sangat dibenci oleh Allah SWT.

Berdasarkan dengan Surat Al-Ankabuut ayat 45, Allah SWT berfirman:

Artinya: “Bacalah Kitab (Al-Qur’an) yang telah diwahyukan kepadamu (Muhammad) dan laksanakanlah sholat. Sesungguhnya sholat itu mencegah dari (perbuatan) keji dan mungkar. Dan (ketahuilah) mengingat Allah (sholat) itu lebih besar (keutamaannya dari ibadah yang lain). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.”

4. Mendapatkan Banyak Kebaikan

Advertisements

Keutamaan sholat yang lainnya yakni memberikan kebaikan yang sangat banyak kepada umat Islam. Seperti pada hadist riwayat Ahmad, dari ‘Abdullah bin ‘Umar r.a., Nabi Muhammad SAW mengingatkan umatnya untuk sholat pada suatu hari, lalu berucap:

Siapa saja yang menjaga sholat maka dia akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan pada hari kiamat. Sedangkan, siapa saja yang tidak menjaga sholat, dia tidak akan mendapatkan cahaya, petunjuk dan keselamatan. Dan pada hari kiamat nanti, dia akan dikumpulkan bersama dengan Qarun, Firaun, Haman, dan Ubay bin Khalaf.”

5. Hadist Tentang Sholat sebagai Penolong

Bahwasannya sholat bisa menjadikan penolong. Telah dijelaskan oleh Allah SWT dalam Al-Qur’an dalam surah Al Baqarah ayat 45.

Dan mohon lah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan sholat. Dan (sholat) itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”

Selain itu juga dijelaskan oleh HR. Abu Dawud, Hudzaifah r.a, yang mengatakan:

Dulu jika ada perkara yang menyusahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, beliau mendirikan sholat.”

6. Sholat dapat Menggugurkan Dosa

Selain sholat memberikan kenyamanan, juga bisa menggugurkan dosa bagi mereka yang menjalankannya. Sehingga dengan sholat bisa membuat kenyamanan dalam hati serta membersihkan tubuh dari perbuatan dosa.

Seperti yang sudah dikatakan pada HR Bukhari diriwayatkan oleh Abu Hurairah R.A., beliau pernah mendengarkan Rasulullah SAW bersabda:

Bagaimana pendapatmu jika di depan pintu rumahmu ada sungai, lalu Engkau mandi sehari lima kali? Apakah tersisa kotoran di badannya?”

Sahabat menjawab:

Tidak akan tersisa kotoran sedikitpun di badannya.”

Demikianlah hadist tentang sholat yang menjadi kewajiban setiap umat Islam. Sholat memberikan keutamaan cukup banyak dalam diri sendiri untuk dunia ataupun akhirat.

Baca Juga: Inilah Yang Harus Dilakukan Setelah Niat Sholat Tahajud

Advertisements