makna asmaul husna beserta artinya

3 Makna Asmaul Husna Beserta Artinya dalam Kehidupan, Wajib Tahu!

BeritaPolitikNi.com – Asmaul Husna bisa dikatakan sebagai nama baik dan indah yang dimiliki oleh Allah SWT. Jumlah nama baik untuk Allah SWT atau Asmaul Husna adalah 99. Umat Islam yang membaca dan memahami makna asmaul husna beserta artinya akan mendapat pahala yang sangat baik dari Allah SWT.

Asmaul Husna adalah 99 nama, gelar, atribut dan gelar yang maha besar dan baik Allah SWT. Segala nama yang agung dan mulia dari Allah adalah petunjuk bagi umat Islam untuk lebih mengenal Allah. Seperti yang dinyatakan dalam Hadits Bukhari dan Muslim:

Allah SWT punya 99 nama. Seratus minus satu. Siapapun yang memahaminya akan masuk surga.” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari hadits ini, kita dapat mengetahui bahwa mengetahui dan memahami Asmaul Husna juga merupakan amalan yang dapat membawa kita lebih dekat ke surga. Inilah alasan mengapa kita belajar mengenal Asmaul Husna sejak kecil. Selain itu biasanya dilafalkan dengan lagu agar lebih mudah diingat.

Pemaknaan Asmaul Husna Beserta Artinya Dalam Hidup

Membaca Asmaul Husna dan maknanya setiap hari tentunya membuat seorang muslim lebih mengenal Allah SWT melalui atribut dan nama-nama Allah SWT yang terdapat dalam bacaan Asmaul Husna tersebut. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat membaca dan memahami Asmaul Husna yang perlu Anda ketahui:

1. Memiliki Rasa Takut Pada Allaw SWT

Dengan membaca dan memahami Asmaul Husna tentunya Anda akan menyadari betapa Allah SWT itu benar-benar Maha Kuasa, sehingga Anda akan takut kepada-Nya dan lebih rajin beribadah kepada-Nya. Seorang muslim akan takut melanggar semua perintah Allah SWT.

Ini diberikan oleh Allah melalui firman-Nya di ayat 191 Surat Ali Imran yang artinya:

Mereka yang mengingat Tuhan berdiri. Duduk atau berbaring. Dan memikirkan penciptaan langit dan bumi (berkata): “Ya Tuhan kami. Kamu tidak menciptakan ini dengan sia-sia. Kemuliaan bagimu, selamatkan kami dari siksaan neraka.

2. Memperoleh Ketenangan Hati

Membaca dan memahami Asmaul Husna dapat membuat seseorang menemukan ketenangan pikiran dan jiwa. Karena ia menyadari bahwa tidak ada kekuatan yang lebih besar di luar kekuasaan Allah SWT. 

Inilah alasan mengapa orang yang mengingat Allah atau menyebut nama Allah berdzikir akan diberi kedamaian dan kebahagiaan. Dalam ayat 28 Sura Ar Rad Allah yang artinya: “(Yaitu) orang-orang yang percaya. Hati mereka ditenangkan oleh mengingat Tuhan. Ingatlah bahwa hanya mengingat Tuhan adalah hati yang damai.”

3. Memiliki Prinsip Hidup

Dengan membaca Asmaul Husna setiap hari maka seseorang akan selalu mengingat bahwa kehidupan di dunia ini bersifat sementara dan segala sesuatu hanyalah simpanan, semuanya akan kembali kepada Allah SWT. Dalam Quran Sura Thaha ayat 14 yang artinya: “Sesungguhnya Akulah Allah. Tidak ada Tuhan (hukum) selain aku. Jadi sembahlah Aku dan berdoalah untuk mengingat Aku.

Melalui ayat ini, Allah SWT mengingatkan umatnya untuk selalu mengingat-Nya dan menyembah-Nya. Seorang muslim yang benar-benar menjalankan perintah Allah SWT, hidupnya akan selalu beribadah dan mencari ridha dari Allah SWT.

Dengan memahami makna asmaul husna beserta artinya maka hidup Anda akan mulai berbeda dari sebelumnya. Tentunya dari 3 pengaruh positif yang sudah dibahas tadi akan anda rasakan. Ketenangan dalam menjalani kehidupan pun akan sangat terasa. Insya Allah dengan begitu anda akan mendapatkan kebahagiaan baik di dunia maupun di akhirat.

Baca juga: Inilah yang Harus Dilakukan Setelah Niat Sholat Tahajud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *