Nama-Anak-Yang-Dilarang.
Advertisements

beritapolitikni.com – Di seluruh dunia semua pasti memiliki nama, baik barang maupun makhluk hidup. Nama-nama tersebut juga bisa diambil dari mana pun seperti nama pahlawan, nama nabi dan masih banyak lagi. Di Indonesia sendiri banyak orang tua yang memberikan nama anaknya dengan nama Islam karena memang mayoritas masyarakat Indonesia adalah beragama Islam. Di Agama Islam sendiri ada beberapa nama yang dilarang untuk digunakan oleh seseorang. Nah kali ini saya akan membahas mengenai nama anak yang dilarang di dalam Islam namun sering digunakan. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

Sebenarnya nama yang dilarang karena bertentangan dengan norma atau syariah karena nama tersebut memiliki makna yang sangat buruk untuk manusia. Misal nama yang diberikan mengandung unsur pesimis atau bisa saja nama seseorang pada jaman dulu yang tercela maka akan membuat nama itu dibenci banyak orang. Jika kita tetap memaksakan untuk memberikan nama tersebut maka sang anak akan mengalami cemooh dari orang sekitar dan berakibat kepada mental sang anak.

Ada beberapa nama yang dilarang oleh pemerintah Arab Saudi seperti Gulf News yaitu Koran berbasis di Dubai karena memiliki sejarah yang kelam. Ada pun nama yang sudah dilarang tegas tetapi masih tetap saja digunakan oleh orang banyak seperti Abdul Nasser karena nama ini dianggap sangat identik dengan Gamal Abdel Nasser yaitu seorang tokoh nasionalis di Mesir.

Ada pun nama yang mengandung unsur musyrik yang sangat dilarang di dalam Islam karena biasanya nama ini memiliki makna penyembahan selain kepada Allah SWT. Contohnya:

Abdur Rasul : Hambanya Rasul

Abdun Nabi : Hambanya Nabu

Abdul ‘Uzza : Hambanya Al-‘Uzza (nama berhala)

Abdul Ka’bah : Hambanya Ka’bah

Abdus Saymsu : Hambanya Matahari

Nah nama- nama di atas sangat dilarang karena mengandung unsur penyembahan selain kepada Allah SWT. Jelas sangat dilarang karena agama Islam Dilarang menyembah selain kepada Tuhannya yaitu Allah SWT. Jika nama tersebut tetap saja digunakan maka akan berdampak buruk kepada sang anak. Ada pun nama-nama yang dilarang karena mengandung nama-nama Allah SWT seperti contohnya:

Rahim : Maha Penyayang

Advertisements

Rahman : Maha pengasih

Khaliq : Maha pencipta

Baca Juga : Seperti Inilah Ajaran Islam Yang Sesuai Dengan Hadits.

Dan masih banyak lagi nama-nama Allah yang tidak boleh digunakan oleh manusia karena nama tersebut merupakan nama yang hanya mampu dimiliki oleh Allah SWT. Tidak hanya itu agama Islam juga melarang manusia untuk memakai nama yang memuji diri sendiri atau mengandung unsur dusta seperti misalnya:

Hanzab : Syaitan yang menggoda dan menghalangi jalan Shalat

Walhan : Syaitan yang mengganggu saat shalat

Al-Ajda’ : Syaitan

ghilan / Ghul : Syaitan yang sering menakut-nakuti seseorang

Khubutsa dan Khobaaits : Syaitan yang mengganggu di kamar mandi

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai nama anak yang dilarang di dalam Islam namun masih tetap saja benyak yang menggunakan nama tersebut. Sebenarnya masih banyak sekali nama-nama yang dilarang di dalam Islam. Namun penjelasan di atas bisa menjadi patokan untuk mengerti bahwa nama apa saja yang mestinya tidak digunakan karena mengandung unsur yang melanggar norma atau memiliki arti terhadap perbuatan tercela. Adapun nama yang tidak boleh digunakan karena nama tersebut adalah nama yang hanya dimiliki Allah SWT. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian terimakasih.

Advertisements