niat sholat tahajud

Inilah Yang Harus Dilakukan Setelah Niat Sholat Tahajud

beritapolitikni.com – Karena merupakan sebuah ibadah yang penting, maka setelah niat Anda harus melakukan hal-hal yang penting saja ketika sholat. Salah satunya adalah sholat tahajud. Meskipun sholat ini hukumnya sunnah, namun Rasulullah selalu setiap malam terbangun di waktu sepertiga malam untuk  bermunajat kepada Allah dan salah satunya adalah dengan sholat tahajud. Inilah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan setelah niat sholat tahajud agar kualitas ibadah semakin maksimal. 

1. Berfokus dan Khusyuk

Setelah membaca niat, maka selanjutnya Anda harus fokus hanya untuk mengikuti rangkaian ritual sholat secara tuma’ninah. Artinya, Anda memang memusatkan pikiran hanya pada kegiatan sholat tersebut. 

Fokus sebelum sholat dapat dimaksimalkan dengan berpikir ibadah hanya untuk Allah dan juga mengucap ta’awudz di dalam hati. Ya, berlindung kepada Allah dari godaan setan adalah suatu kewajiban manusia. Apalagi godaan setan memang selalu membayangkan manusia. Satu-satunya yang harus dilakukan adalah memohon perlindungan agar tidak diganggu selama melakukan ibadah maupun kegiatan lain. 

2. Melakukan Sholat Tahajud Mulai Takbiratul Ihram

Kemudian, Anda harus memulai sholat tahajud dengan takbiratul ihram, sebagai rukun yang sangat penting. Dilanjutkan dengan rukuk, I’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud hingga tahiyat. Pastikan untuk mengucapkan doa-doa di dalam ritual sholat secara benar artikulasinya dan pahami secara mendalam maksud dari doa tersebut. 

3. Ketika Mengucap Salam, Pastikan Tidak Terburu-buru

Adakalanya, saat menjelang sholat selesai ada perasaan terburu-buru yang sebaiknya tidak dilakukan. Hal ini tentu akan berdampak pada gangguan konsentrasi hingga menyebabkan rangkaian sholat yang tadinya khusyuk berubah menjadi terganggu. Oleh karenanya, pastikan Anda mengucap salam dengan benar dan tidak terburu-buru. 

4. Tidak Langsung Pergi Setelah Sholat

Sesuai dengan niat sholat tahajud yaitu untuk menjalankan ritual karena Allah SWT semata, maka sebaiknya Anda tidak langsung pergi setelah sholat. Apalagi, momen sepertiga malam adalah waktu yang sangat makbul jika berhubungan dengan doa atau hajat seseorang.

Sangat dianjurkan untuk duduk yang nyaman dan berdzikir sembari memaknainya sebagai pengingat kepada Allah. Ketika berdzikir, ucapkan tasbih, tahmid dan tahlil. Kemudian, panjatkan doa atau keinginan yang dibutuhkan. Misalnya menginginkan keselamatan orang tua, ingin dipertemukan dengan jodoh dan lain sebagainya. 

5. Bermunajat Kepada Allah

Sebagai seorang muslim, kebutuhan spiritual yang harus dipenuhi untuk memberi penguatan iman dan Islam pada ruh adalah melalui ibadah. Munajat kepada Allah akan bisa membuat koneksi antara makhluk dengan Tuhannya semakin kuat. Hal ini jangan disia-siakan, apalagi Anda sudah berniat sholat tahajud di awal. 

Bermunajat adalah salah satu cara bagi muslim dalam melepas lelah secara rohani. Lalu, di dalam bermunajat juga ada kepasrahan diri terhadap segala ketetapan Allah. Sebagai makhluk yang tidak memiliki daya dan upaya, semua orang tentu harus meminta dengan sungguh-sungguh sehingga dapat memperoleh ketenangan. Karena jika belum dikabulkan pun, maka suatu hajat artinya belum menjadi yang terbaik bagi seseorang. 

Demikian ulasan tentang kegiatan-kegiatan yang sebaiknya dilakukan setelah membaca niat sholat tahajud. Dengan mengikuti ibadah secara khusyuk, Anda akan bisa memaksimalkan setiap kegiatan hanya kepada Allah SWT. Selain itu, hubungan manusia dengan Allah atau Hablumminallah akan bisa lebih berkualitas sehingga menimbulkan ketenangan batin dan kesehatan rohani. Apalagi, jika kegiatan ini dilakukan setiap hari maka tentu bisa mengubah kebiasaan dari yang negatif ke positif. 

Baca juga: Kata Motivasi Hidup untuk Semangat Lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *