Advertisements

Berbagai Fakta Menarik Seputar Geopark Ciletuh, Baca di Sini!

Berbagai fakta menarik seputar Geopark Ciletuh di Sukabumi memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Geopark Ciletuh merupakan salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di kota Sukabumi, Jawa Barat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Geopark Ciletuh sudah ditetapkan sebagai Geopark Internasional dan Nasional oleh UGG (Unesco Global Geopark). 

Banyaknya para wisatawan yang berdatangan, tentu saja diimbangi dengan tempat penginapan berupa villa Geopark Ciletuh maupun hotel disekitarnya. 

Namun, ada beberapa fakta menarik seputar Geopark Ciletuh yang jarang diketahui orang-orang. Fakta apa sajakah itu? Nah, biar kalian gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

  1. Memiliki Segudang Keindahan Destinasi Wisata Alam

Road Trip Keliling Geopark Ciletuh Sukabumi, Bisa ke Mana Saja? Halaman all  - Kompas.com
Sumber: Kompas.com

Ini dia salah satu daya tarik yang ada di Geopark Ciletuh. Ya, kamu pun akan menemukan beragam destinasi wisata alam yang menyuguhkan keindahan sempurna. Untuk kamu yang menyukai kegiatan arung jeram, di Geopark Ciletuh ini terdapat sungai yang aliran airnya cukup menantang lho. 

Tak hanya itu, terdapat juga beragam objek wisata alam menarik lainnya, mulai dari geologi, biologi, hingga keragaman budaya. 

  1. Mempunyai Batuan Alam yang Usianya Mencapai Jutaan Tahun

GEOPARK CILETUH Tiket & Pesona Alam - November 2022
Sumber: Travelspromo

Eksotik dan unik, itulah kesan-kesan yang akan kamu rasakan setelah melihat batuan alam di kawasan Geopark Ciletuh. Material batuan alam tersebut tampak bertumpuk sempurna, berkat hasil sedimentasi dari berbagai fosil, patahan, hingga lempengan bumi yang usianya diperkirakan telah mencapai puluhan juta tahun. 

  1. Sudah Terintegrasi Dengan Pantai Palabuhan Ratu

Tempat Wisata di Geopark Ciletuh, Surga Bagi Para Petualang
Sumber: IDN Times

Di kawasan Geopark Ciletuh ini tak hanya menyuguhkan keindahan pegunungan dan air terjun saja, melainkan juga ada objek wisata yang berupa lautan. Air lautnya berwarna biru jernih yang dipercantik oleh hamparan pasir putih bertekstur lembut. 

Baca juga: Isi Museum Fatahillah Jakarta, Historis Banget!

  1. Memiliki Beragam Situs Geologi

Road Trip Keliling Geopark Ciletuh Sukabumi, Bisa ke Mana Saja? Halaman all  - Kompas.com
Sumber: Travel Kompas.com

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada poin pertama tadi bahwa Geopark Ciletuh mempunyai beragam objek wisata indah, termasuk situs geologi. Menurut informasi yang didapat, Geopark Ciletuh setidaknya mempunyai sekitar 50 situs geologi. 

Advertisements

Akan tetapi, dari jumlah 50 tersebut hanya terdapat 14 situs geologi saja yang menjadi favorit di kawasan Geopark Ciletuh. 

  1. Terdapat Sembilan Air Terjun

Cara Pemprov Jabar Pertahankan Status Geopark Ciletuh dari UNESCO
Sumber: Regional Kompas.com

Apakah kamu hobi dengan destinasi wisata air? Jika iya, maka Geopark Ciletuh ini merupakan pilihan yang paling tepat. Pasalnya, di sini terdapat Sembilan air terjun yang menyuguhkan panorama alam indah.

Adapun mengenai nama-nama air terjunnya seperti berikut:

  • Curug Awang
  • Curug Tengah
  • Curug Puncakmanik
  • Curug Karet
  • Curug Cimarinjung
  • Curug Cikanteh
  • Curug Sodong
  • Curug Puncakjeruk
  • Curug Luhur
  1. Kaya Akan Kebudayaan Lokal

Hukum dan Keindahan Geopark Ciletuh-Sukabumi
Sumber: SindoNews

Setiap daerah di Indonesia tentunya mempunyai kebudayaan dan kearifan lokal. Begitu pun dengan masyarakat di sekitar kawasan Geopark Ciletuh yang memiliki budaya tersendiri. Salah satu kebudayaan lokal yang jangan sampai kamu lewatkan di Geopark Ciletuh, yakni berupa Batik Pakidulan karya masyarakat setempat. 

Tak hanya batik, kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatan batiknya di sentra kerajinan yang berlamat di Desa purwasedar, Kec. Ciracap, Sukabumi, Jawa Barat.

  1. Cocok Untuk Kegiatan Paralayang

Paralayang | Ciletuh Hills Lodge & Cafe
Sumber: Ciletuh Hills Lodge and Cafe

Fakta menarik berikutnya dari Geopark Ciletuh yang akan dibahas, yakni menjad surganya untuk kegiatan paralayang. Ya, hal itu semenjak diselenggarakannya ajang Asian Games pada tahun 2018 lalu, yang diresmikan oleh Presiden Federasi Aeronautika Internasional (FAI). 

Menurut presiden FAI, menyebutkan bahwa kondisi geografi di kawasan Geopark Ciletuh sangat ideal untuk menunjang kegiatan paralayang. Semenjak saat itu, kawasan Geopark Ciletuh mulai banyak didatangi oleh para penggiat paralayang dari berbagai mancanegara.  

Baca juga: 4 Alasan Ini Membuktikan Wanita Yang Hobi Traveling Bisa Sukses Dalam Karirnya

 

Advertisements