Advertisements
9 Waktu Mustajab untuk Berdoa, Niscaya Dikabulkan Segala Harapan - Citizen6  Liputan6.com
Sumber: Liputan6.com

Setiap orang tentu menginginkan keselamatan dan keamanan saat perjalanan, baik perjalanan darat, laut maupun udara, keselamatan dan keamanan merupakan hal yang diharapkan siapa saja. Untuk itu, saat hendak melakukan perjalanan, khususnya menaiki pesawat. Hendaknya kita sebagai orang muslim memanjatkan doa saat naik pesawat agar senantiasa selama perjalanan diberi keselamatan dan keamanan.

Doa yang dipanjatkan juga bertujuan agar senantiasa kita berada dalam lindungan Allah SWT dan supaya dijauhkan dari segala macam bahaya yang akan menimpa kita. Karena itu, sebaik-baiknya perlindungan adalah hanya perlindungan Allah SWT.

Untuk Anda sekalian yang hendak melakukan perjalanan menggunakan pesawat. Maka wajib memanjatkan doa keselamatan agar dijauhkan dari hal-hal yang berbahaya dan mendapat perlindungan Allah SWT supaya sampai tujuan dengan selamat. Lantas apa saja doa untuk menaiki pesawat? Ini dia diantaranya.

  • Doa keluar rumah

Sebelum melakukan perjalanan, tentu kita diawali dengan keluar rumah. Untuk itu, doa yang bisa Anda awali adalah doa untuk keluar rumah terlebih dahulu. Doa keluar rumah bertujuan agar Anda senantiasa diberikan perlidungan saat keluar rumah. Untuk itu, Anda bisa memanjatkan doa sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ، تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّهِ

Bismillaahi tawakkaltu ‘alallaah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah

Artinya: “Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah.” (HR.Abu Dawud, (4/325), no. 5094).

Saat keluar rumah, hendaknya Anda menggunakan kaki kanan terlebih dahulu. Hal ini sangat dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW yang menyukai semua hal yang diawali dari sebelah kanan baik dalam segala urusan.

Kemudian setelah itu, Anda bisa memanjatkan doa sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَأَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّأَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّأَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَأَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَيَّ

Allaahumma innii a’uudzu bika an adhilla au udhalla au azilla au uzalla au azhlima au uzhlama au ajhala au yujhala ‘alayya

Artinya: “Ya Allah, aku meminta perlindungan kepada-Mu dari tersesat atau disesatkan, berbelok dari jalan yang benar atau dibelokkan dari jalan yang benar, berbuat kezaliman atau dizalimi, berbuat kejahilan atau dijahili.” (HR. Abu Dawud).

  • Doa naik pesawat

Setelah Anda menaiki pesawat dan hendak terbang. Anda bisa memanjatkan doa sebagai berikut:

Advertisements

بِسْمِ اللَّهِ مَجْرَاهَا وَمُرْسَاهَا إِنَّ رَبِّي لَغَفُورٌ رَحِيمٌ وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ

Bismillaahi majreehaa wa mursaahaa, inna rabbii laghafuurur-rahiim. Wa maa qadarullaaha haqqa qadrih

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah pada waktu berlayar dan berlabuhnya. Sesungguhnya Tuhanku benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS Hud:41)

Doa ini sebenarnya tidak hanya bisa dipanjatkan saat menaiki pesawat melainkan menaiki kendaraan lain seperti motor, mobil dan lain sebagainya. Doa ini dianjurkan untuk dipanjatkan agar senantiasa kita mendapat perlindungan keselamatan oleh Allah SWT.

Setelahnya, di dalam pesawat Anda bisa memanjatkan doa sebagai berikut:

سُبْحَانَ الَّذِي سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Subhanaladzi sakhoro lanaa hadaaa wa maa kunnaa lahu muqriniin wa innaa ila robbinaa lamun-koliibuun

Artinya: “Maha Suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Tuhan kami.” (QS Az Zukhruf:14)

  • Doa ketika turbulensi

Saat menaiki pesawat, turbulensi merupakan hal yang mungkin dialami semua penumpang. Turbulensi merupakan kondisi dimana kecepatan aliran udara di sekitar pesawat berubah secara drastic. Hal ini menyebabkan pesawat mengalami sedikit guncangan baik itu ringan maupun kuat. Saat mengalami turbulensi, Anda bisa membaca kalimat Basmalah.

Itulah doa agar diberi keselamatan saat menaiki pesawat. Pastikan Anda selalu membaca doa saat berpergian jauh agar diberi keselamatan sampai tujuan.

Baca juga: Bacaan Doa Ziarah Kubur Orang Tua

Sumber: https://beritanakmuda.com/

Advertisements