Advertisements

Daftar Cerita Mitos Indonesia yang Terkenal, Ada Apa Saja Ya? Simak di Sini!

Para orangtua zaman dahulu seringkali memberikan pantangan ketika kita ingin melakukan sesuatu hal yang menurut kita hal tersebut normal. Beberapa larangan ini kebanyakan berasal dari mitos rakyat Indonesia yang ceritanya memang sudah temurun, namun untuk mempercayainya tergantung dari pribadi masing-masing. Berikut daftar beberapa cerita mitos Indonesia yang cukup terkenal!

  1. Gigi lepas 
Karang Gigi Lepas Sendiri, Baik atau Justru Berbahaya?
Sumber: Kompas.com

Daftar pertama yaitu adanya mitos di Indonesia yang berkaitan dengan gigi yang lepas, ada yang bilang jika gigi copot pada bagian atas atau bawah biasanya harus dilemparkan di genteng atau ke bawah. Hal ini dilakukan agar gigi yang copot tersebut bisa tumbuh kembali, namun hal ini hanya berlaku pada anak-anak yang masih memiliki gigi susu. 

Orang dewasa yang mengalami gigi copot sudah pasti tidak akan tumbuh kembali. 

Mitos lainnya mengatakan jika gigi yang copot sebagai pertanda akan terjadi sebuah musibah karena gigi yang copot secara tiba-tiba biasanya terjadi secara tidak sengaja sebagai pertanda bahwa anda akan segera kehilangan sesuatu yang penting. 

Mitos diatas memang belum terbukti kebenarannya karena gigi memang bisa copot apabila tidak dirawat dengan baik bahkan bisa saja bolong bila anda tidak merawatnya dengan benar. 

  1. Baju terbalik 

Tidak Sengaja Pakai Baju Terbalik? Ternyata Itu Adalah Pertanda Loh
Sumber: Helo.id

Berkaitan dengan baju, ada juga mitos Indonesia yang cukup terkenal yakni menggunakan baju terbalik. Jika seseorang secara tidak sengaja menggunakan baju terbalik katanya akan segera mendapatkan rezeki secara tiba-tiba. 

Sebaliknya jika anda sengaja menggunakan baju terbalik bisa mendatangkan suatu musibah untuk keluaarga terdekat. Mitos ini sebenarnya memberikan pelajaran untuk memakai baju dengan benar dan jangan sampai terbalik karena akan mengundang banyak perhatian dari orang-orang. 

Baca juga: Makhluk Mitologi Yang Disakralkan Masyarakat Hindu Bali

Advertisements
  1. Batu di kantong celana

Ini Sejarah Dan Fungsi Logam Di Kantong Celana Jeans
Sumber: Jadi Berita.com

Mitos lainnya ini berkaitan dengan batu. Jika anda merasa ingin buang air besar, maka ada yang mengatakan jika anda mengantongi batu di kantong celana, anda tidak akan merasa ingin buang air besar lagi. 

Batu ini katanya bisa mencegah kita buang air besar pada saat itu juga atau bisa menghilangkan rasa ingin buang air besar untuk sementara waktu. Hal ini memang belum diketahui benar atau tidak, namun apabila anda merasa sesak buang air besar dan tidak menemukan toilet yang sesuai, maka anda bisa menahannya dengan mengantongi sebuah batu dalam kantong celana anda. 

  1. Membuka payung dalam rumah 

Asal-usul Mitos Dilarang Membuka Payung di Dalam Rumah - Ayo Bandung
Sumber: AyoBandung

Mitos lainnya juga mengatakan dilarang untuk membuka sebuah payung dalam rumah karena bisa membuat rumah anda tersambar petir nantinya. 

Hal ini termasuk kedalam sebuah mitos karena membuka sebuah payung dalam rumah atau tidak tentunya tidak akan berhubungan dengan datangnya petir. Terutama jika anda habis menempuh hujan deras di luar dengan payung yang kemudian anda buka dalam rumah untuk membuatnya cepat kering. 

Untuk itu, sebaiknya jangan membuka payung dalam rumah tanpa tujuan tertentu bisa menyebabkan payung tersebut memenuhi seisi rumah sehingga perlu disimpan dengan cara dilipat ketika anda tidak menggunakkannya. 

  1. Bulu mata yang jatuh 

Mitos Bulu Mata Jatuh, Benarkah ini Pertanda Ada yang Kangen? - Semua  Halaman - Suar
Sumber: Suar.id

Mitos ini berkaitan dengan bulu mata yang jatuh karena katanya jika ada bulu mata yang terjatuh ada yang rindu dengan anda. Anda diminta untuk melihat jam dan jika anda menemukan bulu mata jatuh di jam 10 pagi maka orang yang sedang rindu dengan anda memiliki nama awalan huruf J. 

Mitos ini seringkali dimanfaatkan oleh anak-anak yang sedang jatuh cinta untuk mengenal nama orang yang disukainya. Lucu bukan?

Baca juga: Black Clover 301: Noelle Beranikan Diri Akui Perasaan pada Asta

Advertisements