cara-Diet-Sehat

10 Cara Diet Sehat Yang Wajib Kamu Coba

Beritapolitikni.com – Diet merupakan sebuah metode yang dapat mengatur asupan makanan maupun minuman yang masuk ke dalam tubuh, dengan tujuan untuk mengontrol berat badannya agar tetap ideal. Pada dasarnya, pengertian diet bagi setiap orang itu berbeda-beda lho.

Mengapa demikian? Pasalnya, setiap orang mempunyai tujuan berbeda-beda dalam melakukan program diet tersebut.

Ada beberapa kasus, dimana seseorang yang menjalani diet dengan tujuan untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Namun, tak sedikit juga dari mereka yang menjalankan program diet karena mengalami penyakit tertentu, serta ada juga orang yang melakukan diet dalam rangka menurunkan berat badannya yang berlebihan (obesitas).

Diet yang dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh, pada umumnya dilakukan oleh para penderita diabetes, darah tinggi, ginjal, jantung, asam urat, dan penderita penyakit lainnya.

Tak hanya itu, diet tersebut juga kerap dilakukan oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Lain halnya dengan diet yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan berat badan ideal, yang memiliki perbedaan cara dalam menurunkan berat badan berlebih (obesitas) dan menaikkan berat badan bagi mereka yang kurang, atau yang belum mencapai berat badan ideal.

Bahkan, program diet ini kerap dilakukan oleh para atlet, yang memang dituntut harus menjaga berat badannya agar tetap ideal, sekaligus untuk menjaga bentuk otot tubuhnya.

Akan tetapi, ada sebagian orang yang memiliki berat badan ideal namun berat badannya mudah naik, yang bisanya akan melakukan diet untuk menjaga berat badannya agar tetap stabil.

Dalam kegiatan diet, tentu saja memerlukan program yang tepat dengan kebutuhan sesuai usia. Ya, hal tersebut dikarenakan program diet yang tepat, maka tujuan dari dietnya pun akan tercapai.

Program diet itu sendiri terdiri dari berbagai macam, dimana setiap orang belum tentu akan mendapatkan hasil yang sama meskipun menerapkan program diet yang sama.

Maka dari itu, alangkah baiknya lagi jika sebelum melakukan diet, kamu berkonsultasi dulu dengan dokter atau pakar gizi.

Kegiatan diet ini tidak hanya berlaku bagi orang dewasa saja, melainkan anak-anak dan remaja juga bisa melakukan kegiatan diet.

Namun, tentu saja program diet pada anak-anak dan remaja itu sangat berbeda dengan program diet orang dewasa.

Pada umumnya, dalam program diet itu biasanya akan disertakan dengan berbagai resep diet. Tak hanya mengatur pola makan, biasanya program diet untuk menjaga berat badan ini akan disertai dengan latihan fisik.

Nah, untuk mempersingkat waktu, mending kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai 10 cara diet sehat. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini:

1. Kurangi Konsumsi Makanan-makanan Cepat Saji

Cara diet sehat pertama yang wajib kamu coba, mengurangi konsumsi makanan-makanan cepat saji. Mengapa demikian?

Pasalnya, kandungan MSG pada makanan cepat saji tersebut cukup tinggi, sehingga dapat memicu masalah obesitas (berat badan berlebihan).

Maka dari itu, kurangilah konsumsi makanan-makanan cepat saji. Namun akan lebih baik lagi, jika kamu menggantinya dengan mengonsumsi makanan berprotein seperti telur, daging ayam, dan ikan.

2. Hindari Kuliner Yang Manis-manis

Perlu kalian ketahui, bahwa kuliner yang manis-manis juga bisa menyebabkan berat badan terus bertambah.

Bahkan yang lebih buruknya lagi, kuliner-kuliner manis tersebut dapat mengundang penyakit kolesterol tinggi dan diabetes lho!

Mengingat akan hal itu, tentu saja kamu harus mengurangi atau menghindari kuliner yang manis-manis.

Dalam hal ini, sebaiknya kuliner yang manis-manis tersebut kamu ganti dengan yoghurt, smoothies, pudding, buah, dan ubi jalar.

3. Memperbanyak Minum Air Putih

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa air putih merupakan salah satu jenis minuman yang paling menyehatkan di dunia.

Ya, meskipun sederhana, namun air putih ini sangat berarti. Selain manfaatnya yang dapat melepas dahaga, ternyata air putih cukup efektif untuk membakar kalori dalam tubuh lho.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, air putih ini dapat meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun dalam tubuh, bagus untuk system pencernaan, mencerahkan kulit, dan lain sebagainya.

4. Meminum Ramuan Madu dan Jahe

Sudah sejak dari jaman nenek moyang kita, madu dan jahe ini memang terkenal dengan beragam manfaatnya untuk kesehatan tubuh, termasuk dapat menurunkan berat badan secara alami.

Soal cara membuat ramuannya, sediakan 1 gelas air hangat, campurkan dengan 2 sdm madu dan 2 sdm perasan jahe kedalamnya, kemudian minum ramuan tersebut sampai habis.

5. Konsumsi Air Jeruk Nipis

Selain ramuan madu dan jahe, air jeruk nipis ini juga tidak kalah efektifnya dalam menurunkan berat badan.

Terdapat beragam kandungan yang ada pada jeruk nipis, seperti vitamin C, kalsium, fosfor, vitamin B1, karbohidrat, lemak, air, dan zat besi.

Cara membuat ramuannya pun sangat mudah, dimana kamu hanya perlu mencampurkan air perasa jeruk nipis kedalam segelas air hangat.

Dalam hal ini kamu disarankan untuk meminum air jeruk nipis ini 1 gelas di pagi, 1 gelas di siang, dan 1 gelas sebelum tidur malam.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

6. Mengonsumsi Makanan-makanan Yang Kaya Serat

Beragam manfaat pada makanan kaya akan serat itu diantaranya dapat menurunkan berat badan, memperlambat penyerapan gula, membantu proses detoksifikasi dalam tubuh, serta membersihkan saluran pencernaan.

Makanan-makanan kaya akan serat tersebut bisa kamu jumpai pada kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan buah-buahan.

7. Hindari Makan Berat Diatas Jam 6 Sore

Perlu kalian ketahui, bahwa diatas jam 6 sore itu tubuh kita sedang melakukan proses pencernaan makanan dan minuman yang telah dikonsumsi.

Nah, agar tidak menghambat proses pencernaan tersebut, sebaiknya kamu hindari makan makanan berat diatas jam 6 sore.

8. Minum Teh Hijau

Terdapat berbagai manfaat yang akan kamu dapatkan dari meminum teh hijau, seperti dapat menurunkan berat badan, memperlancar metabolisme tubuh & metabolisme lemak, hingga mencegah kanker.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, minumlah teh hijau teh hijau ini sebanyak 2 gelas setiap harinya.

9. Lakukanlah Gerakan Kardio

Mengingat kardio ini merupakan salah satu jenis olahraga yang melibatkan hampir semua anggota tubuh, tentu saja otot-otot di tubuhmu akan bekerja dengan baik, mulai dari otot betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan, dan pundak.

Tak perlu berlama-lama, kamu hanya perlu melakukan olahraga kardio dengan durasi skeitar 15 – 30 menit per harinya.

Gerakan kardio ini terdiri dari beragam jenis olahraga, seperti bersepeda, berenang, berlari, jalan santai, senam, dan olahraga ringan lainnya.

10. Lakukan Gerakan Sit-up dan Push-up

Cara sehat berikutnya yang jangan sampai kamu lewatkan, yakni dengan melakukan gerakan sit-up dan push-up.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu lakukan 10 kali sit-up dan 10 kali push-up per harinya. Agar hasilnya lebih maksimal, tingkatkan intensitas latihan gerakan ini setiap harinya.

Itulah 10 cara diet sehat yang tentu saja harus kamu praktekan sendiri dirumah.

Baca juga: Seperti Inilah Cara Membuat Masker Wajah Alami Yang Paling Simple

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *