cara menurunkan berat badan secara alami

10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Beritapolitikni.com – Hingga saat ini tubuh gemuk masih menjadi isu kesehatan yang tetap eksis. Pasalnya memiliki tubuh gemuk dengan lemak dimana mana akan menjadi cikal bakal munculnya berbagai penyakit berbahaya. Ingin tahu cara menurunkan berat badan secara alami, terus simak artikel ini. 

Tidak heran jika pemilik berat badan berlebih akan melakukan berbagai cara untuk menurunkannya. Mulai dari melakukan cara alami hingga yang beresiko tinggi sekalipun seperti sedot lemak ataupun mengkonsumsi obat diet yang mengandung zat kimia. 

Supaya kamu tidak terjebak dengan melakukan cara menurunkan berat badan yang tidak sehat, maka sebaiknya melakukan cara menurunkan berat badan secara alami. Upaya menurunkan berat badan memang identik dengan kata diet.

Untuk menurunkan berat badan memang kamu harus melalui proses diet. Tetapi diet disini tidak harus selalu tentang diet ekstrim, dimana kamu tidak makan sama sekali hanya untuk bisa cepat turunnya berat badan. 

Melakukan diet dengan merubah pola makan secara dratis terlebih tidak makan sama sekali justru hanya akan menimbulkan resiko terganggunya kesehatan.

Terkadang juga meski sudah berusaha keras tetapi diet tidak sehat yang sudah dilakukan tidak menyebabkan perubahan yang signifikan.

Untuk menjaga berat badan ideal tetap stabil dalam jangka waktu panjang adalah dengan menerapkan gaya hidup sehat. 

Lalu bagaimana cara alami menurunkan berat badan yang sehat? Berikut dibawah ini 10 cara menurunkan berat badan secara alami diantaranya yaitu : 

1. Dengan Menentukan Target 

Sebelum melakukan diet dan selama menjalankan diet, cobalah menetapkan target yang realistis. Kamu jangan terlalu terobsesi bisa menurunkan berat badan dengan sangat cepat.

Bisa turun 1 kilogram dalam seminggu saja dirasa sudah cukup. Tetapkan juga target target kecil seperti menghindari gorengan, menghindari makanan cepat saji, dan yang lainnya.

2. Selalu Berpikir Optimis

Selain menetapkan target, kamu juga pastinya harus bisa mengontrol pikiran kamu supaya badan bisa cepat kurus. Selalu berpikir positif dan optimis jika kamu bisa kurus.

Selama diet berlangsung, hindari membayangkan makanan makanan yang dapat menggagalkan diet. 

3. Aktif Bergerak 

Jika kamu salah satu orang yang malas bergerak, maka jangan pernah berharap berat badan bisa turun. Karena jika kamu malas bergerak, maka pastinya tidak akan adanya energi yang dikeluarkan dari dalam tubuh. 

Cara paling mudah untuk aktif bergerak adalah dengan berjalan kaki. Daripada kemana mana menggunakan kendaraan bermotor, sebaiknya mulai saat ini kemanapun pergi tidak menggunakan kendaraan tetapi dengan berjalan kaki.

Kamu juga hanya duduk diam di depan komputer saja, tetapi mulailah melakukan hal hal yang sepertinya kelihatan remeh seperti memarkir mobil jauh dari tempat yang dituju sehingga harus berjalan kaki terlebih dahulu, tidak menggunakan lift dan escalator. 

4. Memperbanyak Minum Air Mineral 

Air mineral memiliki peranan penting bagi tubuh seperti dapat membantu metabolisme tubuh, meningkatkan kinerja ginjal, membuang racun yang masuk kedalam tubuh, membuat kulit terlihat lembut dan cerah, dan dapat membantu meningkatkan kinerja otak.

Selain manfaat manfaat tersebut ternyata air mineral juga dipercaya efektif dapat menurunkan berat badan. Oleh karena itu minumlah satu gelas air mineral sebelum makan, sehingga akan berkurangnya porsi makan. 

5. Mengkonsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat yang bisa dicoba untuk menurunkan berat badan seperti kacang polong, alpukat, pisang, pepaya, brokoli, kubis, pir, jagung, dan beras merah. Makanan kaya serat ini banyak manfaatnya seperti : 

  • Membantu proses detoksifikasi didalam tubuh.
  • Dapat membantu menurunkan berat badan.
  • Menurunkan kolesterol tinggi.
  • Dapat membersihkan saluran pencernaan. 
  • Melindungi tubuh dari penyakit usus besar. 
  • Menghindarkan endapan lemak pada pembuluh darah. 
  • Dapat mengendalikan gula darah. 
  • Dan juga dapat memperlambat penyerapan glukosa.

Baca juga: Berikut Ini Beberapa Makanan Khas Malang Yang Enak

Berat-badan

6. Memperbanyak Frekuensi Makan Dan Mengurangi Porsi Makan 

Kebanyakan orang berpikir jika dengan mengurangi frekuensi makan berat dalam sehari maka bisa membantu menurunkan berat badan.

Padahal anggapan tersebut salah. Karena orang dengan porsi makan besar meski hanya sekali malah justru akan memicu munculnya masalah baru.

Kamu hanya perlu mengurangi porsi makan saja seperti makan 3 sendok makan nasi dan lauknya tetapi frekuensinya tetap sama atau lebih sering. Jadi kamu tetap makan 3 kali sehari tetapi porsinya sedikit. 

7. Menghindari Makan Lebih Dari Jam 6 Sore 

Pastinya saat sarapan akan dibutuhkannya porsi makan yang lebih banyak sebagai asupan energi kamu selama seharian penuh, begitupun saat akan makan siang.

Porsi makan siang tentunya harus lebih sedikit harus lebih sedikit daripada sarapan, begitu pun juga saat makan malam. Karena dimalam hari itu aktivitas sudah selesai, maka kamu tidak perlu lagi mengkonsumsi makanan yang berat.

Kamu bisa mengganti nasi dengan sebuah apel. Atau jika memang ingin sekali makan malam, sebaiknya setelah makan tidak langsung tidur. 

8. Menghindari Snack Yang Mengandung Gula Tinggi 

Cobalah kamu hindari makanan makanan yang mengandung gula tinggi. Kamu bisa membaca tabel gizi yang tertera pada setiap kemasan snack yang akan kamu makan atau minum.

Mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan gulanya beresiko bisa memunculkan berbagai penyakit seperti diabetes, kolesterol tinggi, kecanduan ingin makan yang manis, obesitas, gigi berlubang dan penyakit lainnya. Kamu juga harus menghindari minuman bersoda yang mengandung gula tinggi. 

9. Minum Air Jeruk Nipis Dipagi Hari 

Jeruk nipis menawarkan banyak manfaat yang positif bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi air jeruk nipis dengan segelas air hangat selama melakukan diet, maka bisa menurunkan berat badan lebih cepat.

Pasalnya kandungan Vitamin C yang tinggi didalam jeruk nipis akan bekerja menyerap kalsium didalam sel sel lemak sehingga bisa menurunkan berat badan. Melakukan diet alami dan sehat memang tidak harus ketat dan menyiksa.

Tetapi tetap saja dibutuhkannya komitmen tinggi supaya berat badan bisa turun secara berkala dan memiliki efek jangka lama. 

10. Rutin Melakukan Olahraga 

Jika kamu tidak suka berolahraga, maka jangan menyerah terlebih dahulu. Karena untuk menurunkan berat badan ini tidak harus selalu melakukan olahraga yang berat. Untuk bisa menurunkan berat badan ini ada banyak olahraga yang tidak menguras banyak tenaga seperti :

  • Kardio

Dengan melakukan cardio ini maka otot otot di tubuh kamu akan bekerja mulai dari betis, otot paha, otot punggung, otot perut, lengan, dan pundak.

  • Yoga

Sebuah penelitian di India membuktikan jika Yoga dapat membantu menghilangkan gas berlebih di perut, sehingga bisa melancarkan pencernaan dan juga menghilangkan lemak di perut. 

  • Sit Up Dan Push Up 

Dengan melakukan sit up dan push up sebanyak 10 kali, maka akan dapat membantu menurunkan berat badan dalam waktu singkat. Melakukan sit up dan push up di pagi hari juga, dapat membantu mengontrol nafsu makan karena bisa menimbulkan efek mudah kenyang. 

Memiliki berat badan ideal tidak hanya dapat menunjang penampilan saja, tetapi banyak juga manfaatnya untuk kesehatan tubuh. 

Baca juga: Apa Itu Kanker Serviks? Berikut Ini Ulasan Selengkapnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *