Persiapan-Pembelajaraan-Tatap-Muka-di-Kaltim-beritapolitikni-com.

Persiapan Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Kaltim

beritapolitikni.com – Pandemi yang menyerang di seluruh wilayah Indonesia rupanya juga berdampak hingga ke wilayah Kalimantan Timur. Hal ini memicu ada banyak kumpulan berita Kaltim hari ini termasuk informasi terbaru mengenai kondisi pembelajaran di kawasan tersebut. Kalimantan Timur sendiri termasuk daerah yang memiliki jumlah pendatang cukup banyak dari berbagai kawasan. Mengingat lokasi daerah ini didominasi oleh area pertambangan baik itu tambang minyak dan gas bumi serta tambang batubara. Sehingga ada banyak pendatang yang secara tidak langsung bersama keluarga memutuskan untuk tinggal di wilayah tersebut dan menyekolahkan putra dan putrinya di wilayah sekitar. Adanya pandemi membuat sebagian besar aktivitas pembelajaran di sekolah harus dilakukan dengan sistem daring atau online. Hal ini rupanya membuat sebagian besar orang tua dan murid juga merasa kewalahan dalam pelaksanaanya. Banyak kendala yang dihadapi mulai dari sambungan internet hingga kesusahan untuk melakukan monitoring siswa setiap harinya secara langsung. Oleh sebab itu kebijakan untuk pembelajaran akan diarahkan menuju proses pembelajaran tatap muka kembali di tahun berikutnya pada 2021.

PERSIAPAN PEMERINTAH 

1. Kesiapan Dinas Pendidikan

Hal yang paling penting terkait dengan kebijakan adanya tatap muka kembali di sekolah yaitu pelaksanaan protokol kesehatan secara optimal. Banyak sekolah bisa jadi masih belum sepenuhnya siap jika harus dihadapkan pada hal tersebut. Sehingga tentu saja hal ini menjadi tugas dari dinas pendidikan terkait mengenai kesiapan sekolah dalam menyambut pembelajaran tatap muka.

Tentu yang paling penting adalah bantuan dari dinas pendidikan untuk bekerja sama dengan pihak dinas kesehatan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman dan aman sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Oleh sebab itu perlu dilakukan inspeksi serta sosialisasi secara menyeluruh untuk menghindari resiko penularan yang tinggi saat memutuskan untuk pembelajaran secara tatap muka di sekolah. Terutama untuk siswa usia pra-sekolah, TK dan SD yang masih memerlukan pengaturan khusus.

Baca Juga : 10 Hotel Murah di Semarang Yang Wajib Kamu Singgahi

2. Respon Sekolah Di Kalimantan Timur

Menanggapi hal ini tentu banyak sekolah di wilayah Kalimantan Timur yang menyatakan berusaha untuk melakukan kesiapan secara optimal. Mulai dari mengatur ruang belajar supaya tetap menjaga jarak, hingga penyediaan sistem sanitasi yang memadai. Adanya tempat cuci tangan yang memenuhi persyaratan juga merupakan hal yang perlu diperhatikan oleh pihak sekolah.

Selain dari pada itu tentu peran serta orang tua murid juga membantu pihak sekolah dalam mempersiapkan agenda tatap muka secara optimal. Maka dari itu disini peran orang tua lebih kepada memberikan sosialisasi pada peserta didik tentang apa saja yang wajib dilakukan saat melakukan pembelajaran tatap muka. Untuk kemudian didukung oleh pihak sekolah serta tenaga pendidik untuk memaksimalkan keamanan siswa dari resiko penularan virus. Tentunya informasi lebih lanjut ini biasanya bisa didapatkan dari kumpulan berita Kaltim hari ini terbaru yang diberikan oleh berbagai media terkait.

Memang banyak sekali informasi yang dapat diperoleh dari kumpulan berita Kaltim hari ini mengenai proses pembelajaran dalam masa pandemi virus saat ini. Bila ingin melihat dan membaca update terbaru maka dapat melihat ke situs https://kaltim.idntimes.com/ yang menyediakan informasi berita terbaru tentang wilayah Kaltim saat ini. Sehingga bagi masyarakat yang ada di seputar daerah tersebut tentu bisa mengikuti apa saja yang sedang terjadi serta bagaimana sistem pembelajaran akan dilakukan di kemudian harinya nanti. Baik di Kota Balikpapan, Samarinda, hingga ke wilayah Bontang dan Sangata.

Baca Juga : Fenomena Kasus Korupsi Kepemerintahan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *