6-Manfaat-Mengamalkan-Asmaul-Husna-Bagi-Pelajar.j

6 Manfaat Mengamalkan Asmaul Husna Bagi Pelajar

beritapolitikni.com – Asmaul husna merupakan nama-nama Allah AWT yang mewakili kebersaran, kebaikan dan keistimewaannya. Mengamalkan Asmaul husna sama dengan memuji kebersaran Allah sebagai sang pencipta. Asmaul husna terdiri dari 99 nama ang dimiliki Allah, nama-nama yang melambangkan kebesarannya. Sebagai umat muslim, sudah sepantasnya memahami Asmaul husna dan artinya serta mengamalkannya.

Manfaat Mengamalkan Asmaul Husna dan Artinya

Mengemalkan Asmaul husna memiliki banyak manfaat sebagaimana banyak disebutkan dala Al-quran. Termasuk bagi Anda yang menempuh pendidikan atau ara pelajar, banyak fadhilah dari mengamalkan Asmaul husna. Berikut manfaat mengamalkan Asmaul Husna bagi pelajar:

1. Memperoleh kemudahan (Al-barru: Maha Pemberi, Al-muqtadir: Maha Pemberi Balasan)

Mengamalkan Asmaul husna secara iklas dan penuh pengharapan akan memberi kemudahan menghadapi setiap kesulitan dan tantangan. Bagi para pelajar kesulitan kera datang dalam mempelajari ilmu-ilmu tertentu. Kesulitan memahami pelajaran, kesulitan menghafal atau kesulitan mengerjakan soal-soal yang diberikan guru. Maka mengamalkan Asmaul husna dapat membantu memperoleh kemudahan.

2. Menumbuhkan rasa percaya diri (Al- wajidu: Maha Penemu)

Rasa percaya diri dibutuhkan bagi pelajar untuk dapat lebih maju dari yang lain. Percaya diri dalam berbagai bidang dan pelajaran dapat mendukung pelajar memperoleh prestasi di sekolah. Jika Anda cenderung tidak percaya diri, coba amalkan membaca Asmaul Husna setiap hari maka rasa percaya diri akan tumbuh dengan cepat tentu diiringi dengan doa.

3. Mencerdaskan otak (Al hakim: Maha Bijasana, Al-ilmu: Maha Mengetahui) 

Jika Anda cenderung sulit mencerna pelajaran atau bermasalah dengan kecerdasan, jangan menerah begitu saja. Teruslah belajar, makan makanan sehat serta menerakan ola hidup sehat yang baik untuk keseimbangan otak kanan dan kiri. Secara spiritual banyak berdoa dan amalkan membaca Asmaul Husna  dapat meningkatkan kecerdasan otak. Dalam 99 nama Allah ada Al hakim. Al Alliyu dan Al-ilmu yang berarti kecerdasan dan kepintaran.

Baca Juga : 3 Makna Asmaul Husna Beserta Artinya dalam Kehidupan, Wajib Tahu!

4. Terhindar dari sifat lupa (Ar-rahman: Maha Pengasih)

Manusia lekat dengan sifat ketidaksempurnaan seperti lupa dan lalai. Meski hal tersebut waja bagi manusia, tetap harus berusaha untuk tidak menjadi pelupa atau mencegahnya. Membaca Asmaul Husna setiap hari dapat mencegah sifat lupa. Bagi pelajar menjadi pelupa sungguh tidak baik karena bisa menjadi lupa akan pelajaran yang harusnya dipelajari.

5. Mendapat keselamatan (Al Mu’min: Pemberi Rasa Aman, Al Waliyy: Maha Melindungi, Al-mughsitu: Maha Adil)

Dalam menempuh pendidikan perjalanan dari tempat tinggal ke lembaga pendidikan memungkinkan banyak hal bisa terjadi. Mara bahaya bisa terjadi pada siapa saja maka memohon perlindungan adalah suatu keharusan. Salah satu amalan agar terhindar dari mara bahaya dan senantiasa mendapat keselamatan adalah dengan membaca Asmaul Husna setiap hari. 

6. Memperkuat persatuan dan kesatuan (Ar rahman: Maha Pengasih, Ar rahman: Maha penyayang)

Sedari usia mudah rasa kasih dan sayang sudah seharusnya dipupuk untuk memperkuat persatuan dan kesatuan. Allah seperti dalam sifatnya telah mengajarkan untuk saling memberi kasih dan sayang kepada sesama. Dengan memahami sifat-sifat Allah yang sempurna tentulah harus menjadi teladan. Saling mengasihi juga dalam hal tolong menolong sesama umat manusia sangat penting. 

Demikian manfaat mengamalkan Asmaul Husna bagi pelajar. Nama-nama indah dala Asmaul Husna memanglah hanya milik Allah. Namun sebagian dari sifat tersebut bisa diwujudkan sebagai teladan manusia hidup di dunia. Memahami Asmaul Husna dan artinya tidak saja bermanfaat namun penting untuk menguatkan keimanan diri dan kecintaan kepada Allah yang esa.

Baca Juga : 3 Keutamaan Asmaul Husna Yang Wajib Diketahui Umat Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *