Emplod

7 Makanan Khas Garut Ini Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Garut

Beritapolitikni.com – Kabupaten Garut yang beribukota di Tarogong Kidul ini adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang terkenal akan makanan khasnya yaitu “Dodol”.

Padahal saat membicarakan tentang makanan khas Garut, maka dodol Garut bukanlah satu satunya makanan khas yang bisa kamu temui saat berkunjung ke Garut.

Lalu makanan khas apa saja yang wajib dicoba dari Kabupaten yang bertetanggaan dengan Sumedang, Majalengka, dan Tasikmalaya ini?

Berikut dibawah ini 7 makanan khas yang wajib dicoba dari Garut diantaranya yaitu:

1. Burayot

Burayot

Burayot adalah makanan khas dari Garut yang cukup popular dan mudah ditemukan. Makanan yang terbuat dari bahan dasar tepung beras, kacang tanah, dan gula merah ini termasuk makanan tradisional yang cukup sulit tekhnik pembuatannya dan membutuhkan waktu cukup lama.

Burayot yang memiliki cita rasa manis ini dijamin akan memanjakan lidah siapa saja yang mencicipinya.

2. Ladu

makanan-khas-garut-ladu

Ladu terbuat dari bahan dasar tepung ketan, gula aren, dan juga parutan kelapa. Makanan dengan cita rasa manis ini memiliki tekstur kenyal seperti dodol, hanya saja terasa lebih keras dan kasar permukaannya.

Makanan khas ini cocok juga dijadikan sebagi buah tangan pengganti dodol.

3. Keripik Moring

Keripik-Moring-Khas-Garut

Nama makanan Moring ini adalah singkatan dari Cimol Kering. Hal tersebut dikarenakan makanan keripik khas Garut yang satu ini terbuat dari bahan dasar tepung kanji seperti cimol yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi keripik renyah dan lezat rasanya.

Makanan khas dari Garut yang sedang popular dan banyak digemari ini hadir dalam beberapa varian rasa seperti keju, BBQ, hingga rasa pedas.

4. Emplod

Emplod

Emplod yang juga dikenal dengan nama Endog Lewo ini adalah makanan khas lainnya yang wajib dicoba saat berkunjung ke Garut.

Makanan dari bahan dasar Singkong dan dimasak dengan cara digoreng ini bentuknya berupa bulatan bulatan kecil yang banyak diproduksi di daerah Lewo Garut.

Camilan khas Garut ini seringkali dijadikan sebagai teman pendamping segelas kopi atau teh saat santai karena rasanya yang manis dan gurih.

Baca juga: 10 Cara Diet Sehat Yang Wajib Kamu Coba

5. Soto Garut

soto-ayam-garut

Salah satu kuliner nusantara yang sangat popular adalah soto. Hampir disetiap daerah di Indonesia bisa ditemukannya kuliner soto, dan begitu juga di kabupaten Garut.

Soto Garut atau yang sering disebut dengan soto ayam Garut ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan soto pada umumnya.

Tetapi yang menjadi pembeda soto Garut dengan Soto dari daerah lain adalah hanya pada kuahnya saja.

Dimana kuah dari soto Garut ini menggunakan santan yang diperkaya dengan berbagai macam rempah rempah serta sebagai pelengkapnya, soto Garut diberi tambahan taburan kacang kedelai goreng.

6. Awug

Awug

Awug juga makanan khas dari Garut yang tidak kalah menarik. Kuliner tradisional yang berbentuk kerucut ini dibuat dari bahan dasar yang tidak jauh berbeda dengan kue putu.

7. Surabi

surabi-makanan-khas-garut

Meski makanan surabi ini begitu popular di Bandung, tetapi saat berkunjung ke Garut bisa ditemukan juga panganan tradisional tersebut.

Makanan khas ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dan kelapa, lalu diolah secara tradisional dengan menggunakan arang dan tersedia dalam berbagai varian rasa yang pastinya lezat.

Selain itu masih ada makanan khas Garut lainnya yang wajib dicoba dari Garut seperti es goyobod, dorokdok, baso aci, dan dodol Garut.

Baca juga: 6 Manfaat Buah Naga untuk Ibu Hamil dan Janin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *