Musim Panas Di Rusia, Penghuni Kebun Binatang Dapat Jatah Es Krim

Musim Panas Di Rusia, Penghuni Kebun Binatang Dapat Jatah Es Krim

Rusia merupakan salah stau negara yang memiliki iklim ekstrem. Di bulan Januari, suhu di Rusia sangat rendah, bisa mencapa minus 8 derajat Celcius.

Di bulan ini, jangankan wisatawan, penduduk Rusia sendiri kesulitan untuk beradaptasi dan beraktivitas di bawah cuaca yang sangat ekstrem.

Sementara itu, bulan Juni hingga Agustus menjadi waktu terpanas yang suhunya bisa lebih dari 30 derajat. Di masa ini, masyarakat Rusia pun banyak yang kesulitan beraktivitas karena suhu tinggi.

Tidak hanya itu, hewan-hewan yang ada di Kebun Binatang Moskwa juga mengalami kondisi mengkhawatirkan. Sebagian dari hewan tersebut dibiarkan hidup di alam bebas sehingga sangat terpengaruh dengan suhu yang tinggi dan panasnya matahari.

Terlebih lagi untuk hewan yang memiliki habitat di daerah bersalju seperti beruang kutub, ada kekhawatiran bahwa binatang tersebut akan terganggu kesehatannya karena kepanasan.

Untuk itu, pengurus kebun binatang memberikan treatment khusus kepada beruang kutub yang ada di sana, dengan memberikan jatah es krim dan juga es.

Hal tersebut seperti disampaikan oleh Magomed Saraliev selaku kepala departemen pers kebun binatang. Tidak hanya beruang kutub, beberapa hewan lain juga akan mendapatkan jatah es krim selama musim panas.

“Di musim panas, beberapa hewan bakal mendapat es krim dan ditambah sedikit es,” ujar Saraliev.
Pemberian es krim ini tidak hanya dilakukan untuk menurunkan suhu tubuh para binatang, namun juga membantu memenuhi kebutuhan nutrisi mereka.

Saat cuaca sangat panas, banyak hewan yang kehilangan nafsu makannya dan malah bisa membahayakan kesehatan mereka.

Untuk itu, sebagian makanan diencerkan dan dibekukan menjadi es krim sehingga tetap akan disantap oleh para binatang.

Cara ini dianggap lebih efektif karena para hewan akan langsung menyantap habis makanan yang sudah diubah menjadi es tersebut.

Tak hanya itu saja, untuk melindungi para hewan dari teriknya matahari, pengurus kebun binatang Moskwa juga membangun tempat berteduh di setiap kandang.

Jadi saat matahari tengah panas-panasnya, para hewan ini bisa beristirahat di bawah atap untuk membuat mereka tetap nyaman.

“Tempat berlindung itu sengaja dibuat agar hewan merasa tetap sejuk meski kondisi cuaca begitu panas,” ujar Saraliev.

Sementara itu, hewan yang berasal dari daerah bersalju seperti beruang kutub mendapatkan tambahan fasilitas, yakni salju buatan.

Kebun binatang Moskwa akan memasang mesin penghasil salju di dalam kandang beruang kutub sehingga para binatang bisa merasa lebih sejuk.

Hal tersebut terbukti lebih efektif untuk para binatang sehingga mereka pun tidak kepanasan. Selain itu, pemerintah Rusia juga memberikan peringatan kepada warga dan wisatawan agar tidak beraktivitas berlebih beberapa hari ini saat musim panas tengah mencapai puncaknya.

Untuk Anda yang akan berlibur ke Rusia, lebih baik memilih waktu di bulan September atau Oktober saat cuaca lebih bersahabat karena menuju pergantian musim gugur.

Namun di waktu ini, biasanya harga tiket jadi lebih mahal karena kunjungan turis membludak lebih dari bulan yang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *