film-animasi-mendidik

4 Film Animasi Paling Mendidik, Wajib Ditonton!

Ada banyak cara yang bisa dilakukan orang tua dalam mendidik anak anaknya untuk memiliki karakter positif. Orang tua terkadang memiliki media tersendiri dalam memberikan gambaran berperilaku yang baik supaya dapat diterapkan oleh anaknya. Salah satu media yang cukup dapat memberikan gambaran untuk berperilaku baik adalah film. Melalui film animasi mendidik, si kecil dapat melihat berbagai visual gambar menarik dan juga mendapatkan berbagai pesan positif dari apa yang ditontonnya. 

Saat ini ada banyak jenis film animasi terbaik yang paling mendidik sehingga wajib ditonton si kecil. Berikut dibawah ini 4 film animasi paling mendidik dan wajib ditonton diantaranya yaitu : 

  • Zootopia

Film animasi “Zootopia” ini menceritakan tentang seekor kelinci bernama Judy Hopps yang masuk akademi kepolisian di Zootopia Police Department (ZPD). Judy berbeda dengan teman temannya seperti seekor badak dan macan yang memang cocok masuk ke akademi kepolisian. Karena Judy bertubuh mungil sehingga dianggap lemah. Judy juga selalu diberi tugas yang mudah mudah saja yaitu sebagai petugas parkir. Zootopia tidak hanya lucu tetapi saat menontonnya, anak anak bisa mendapatkan pesan yang mendidik misalnya selalu berusaha melakukan pekerjaan sebaik mungkin tanpa mengeluh, tidak menganggap remeh orang lain, serta selalu percaya dengan kemampuan diri sendiri. 

The Good Dinosaur

Diceritakannya tentang persahabatan antara anak kecil dengan seekor dinosaurus berjenis Apatosaurus dalam Film animasi “The Good Dinosaur”. Dinosaurus yang bernama Arlo ini harus lebih memberanikan dirinya untuk menempuh perjalanan panjang. Tetapi dalam menempuh perjalanan panjang tersebut Arlo tidak sendiri karena ada anak manusia yang ikut membantunya. 

Adanya beberapa pesan moral yang ingin disampaikan oleh Film “The Good Dinosaur” ini seperti :

  • Diajarkannya mengelola rasa takut.
  • Diberikannya gambaran tentang sahabat sejati.
  • Ditanamkannya tanggung jawab kepada anak anak.
  • Diberikannya pengalaman jika keluarga adalah segalanya. 
  • Diajarkan untuk sabar menanti karena semua akan indah pada waktunya. 
  • Mendidik anak anak untuk selalu menanamkan kebaikan di setiap perbuatannya pada orang lain. 
  • Inside Out

Inside Out memiliki cerita yang menarik sehingga tidak heran jika menjadi salah satu film animasi yang cukup digemari anak anak. Film animasi ini menceritakan tentang apa yang terjadi di dalam pikiran seorang anak manusia yang bernama Riley. Diceritakannya kegelisahan seorang gadis kecil berusia 11 tahun karena dirinya harus ikut pindah ke San Francisco mengikuti sang Ayah yang harus pindah kerja. 

Beberapa pesan moral yang ingin disampaikan film “Inside Out” ini seperti :

  • Diperkenalkannya beragam jenis perasaan pada anak.
  • Mengajarkan atau mengarahkan anak dalam mengelola emosinya yang baik supaya tetap terkendali.
  • Diajarkannya bagaimana cara menyesuaikan emosi yang ingin disampaikan dalam kondisi apapun.
  • How To Train Your Dragon

Film “How To Train Your Dragon” ini menceritakan tentang kisah seorang remaja bernama Hiccup yang memiliki calon penerus tahta kepemimpinan. Hiccup di dalam kepemimpinannya merasa cukup dilema karena dirinya bersahabat dengan Toothless seekor naga. Padahal naga sangat dibenci oleh penduduk yang dipimpinnya dan mereka selalu memiliki keinginan untuk berperang melawan naga. 

Beberapa pesan moral yang ingin disampaikan film “How Train Your Dragon” ini seperti :

  • Mengajarkan anak untuk mendengarkan kata hatinya sendiri.
  • Mengajarkan anak bahwa kehadiran orang lain yang dapat dipercaya itu sangat dibutuhkan untuk bisa bertukar pikiran.
  • Mengajarkan anak untuk selalu berjuang dan berani mengejar mimpinya.

Baca juga: 3 Film Komedi Indonesia Paling Seru di Tahun 2018

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *