cara berhemat

5 Cara Berhemat yang Wajib Kamu Coba!

  1. Memanfaatkan Fasilitas Gratis

Manfaatkan kemudahan gratis yang ada di dekat area lokasi tinggalmu, baik lokasi parkir, wi-fi, atau perpustakaan gratis. Jangan ragu untuk mencari kartu keanggotaan demi menemukan akses ke kemudahan gratis. Pada awalnya, kita perlu memberikan sejumlah duit untuk ongkos pendaftaran. Setelah itu, Anda bisa menggunakan kemudahan tersebut sepuasnya.

Manfaatkan kemudahan gratis ini ketika kita membutuhkannya. Apabila orang mengecap kita sebagai “si pencari gratisan”, tidak perlu dihiraukan. Yang penting upaya Anda guna hidup irit dapat berlangsung sukses.

cara berhemat

  1. Sharing Tempat Tinggal

Biaya sewa kos-kosan, kontrakan, atau apartemen di kota besar, layaknya Jakarta atau Bandung cukup mahal. Sewa satu kamar petakan saja biayanya dapat mencapai jutaan rupiah per bulan. Agar gaji bulanan tidak berakhir untuk menunaikan uang sewa, Anda dapat tinggal sekamar atau serumah dengan teman. Biaya sewa masing-masing bulan dapat dipecah dua supaya masing-masing orang menunaikanya lebih murah.

Tinggal bareng teman pasti memiliki keunggulan dan kekurangan. Oleh karenanya, pilih rekan sekamar atau serumah yang telah lama kita kenal guna menghindari adanya rasa sungkan antara satu dengan yang lain.

  1. Menabung Setiap Hari

Menabung tidak mesti dilaksanakan setiap bulan, Anda dapat melakukannya tiap hari. Caranya dengan menggunakan sistem duit jajan harian. Jadi, tentukan jumlah dana yang akan dikuras selama satu hari, contohnya Rp50.000 sampai Rp100.000. Jumlahnya yang tentu tidak melebihi gaji Anda tiap bulan.

Jika duit jajan harian tersisa, Anda dapat memasukkannya ke dalam celengan atau amplop. Lakukan di masing-masing hari secara rutin supaya jumlahnya semakin meningkat banyak. Setelah satu atau dua tahun, Anda dapat membelanjakan uang itu untuk melakukan pembelian barang yang diinginkan.

  1. Belanja Kebutuhan

Catat keperluan Anda secara rinci. Mulai dari keperluan pokok, laksana makanan, minuman, snack, vitamin, dan sebagainya. Kemudian, hitung berapa jumlah duit yang dibutuhkan untuk membiayai keperluan pokok tersebut. Apabila gaji masih tersisa, Anda dapat menggunakannya untuk keperluan lain, seperti menyimpan uang atau berinvestasi.

Habiskan duit Anda guna mendapatkan yang dibutuhkan. Sedangkan barang yang tidak tergolong dalam kebutuhan, usahakan tidak butuh diindahkan. Dengan konsentrasi pada susunan kebutuhan, gaji bulanan kita tidak terbuang guna hal yang sia-sia.

  1. Tetapkan Tujuan Keuangan secara Spesifik

Penghematan yang Anda kerjakan pasti mempunyai tujuan, yaitu menjangkau kesuksesan keuangan di masa mendatang. Tetapi, jajaki tujuan hidup irit secara spesifik. Apakah dananya ingin digunakan untuk melakukan pembelian rumah atau kendaraan pribadi. Dengan begitu, kita tahu target finansial yang ingin dijangkau demi mewujudkan destinasi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *